Diberdayakan oleh Blogger.

28 Januari 2011

Sekapur Sirih Anak Stabat Online

Sekilas, sebahagian mungkin mengira 'Anak Stabat Online' hanya diperuntukan bagi mereka yang hanya berdomisili, pernah berdomisili atau asal usul orangtua dan garis keturunanannya berada di Stabat. Penilaian sepertinya, setidaknya sangatlah wajar. Namun, tak sepenuhnya benar.
Stabat, merupakan salah satu kecamatan dan kini menjadi Ibu Kota Kabupaten di Langkat. Pada masa sebelum kemerdekaan, Stabat termasuk pula dalam salah satu Kejuruan (Raja Kecil) di Pemerintahan Kesultanan Langkat. Sebuah masjid raya perpaduan aksitektur Timur Tengah, India dan Cina yang hingga kini masih berdiri kokoh di daerah itu, setidaknya menjadi bukti sejarah bahwa Stabat pernah dan merupakan bahagian dari wilayah Kesultanan Langkat.


Ketertarikan penulis mencantumkan nama Stabat, lebih dari sebuah pengalaman pribadi yang dialami saat menimba ilmu dan bekerja di luar Kabupaten Langkat. Sering terjadi dalam pergaulan sehari-hari ketika itu, teman yang berdomisili di Secanggang, Hinai, Tanjungpura dan lainnya di Langkat mengaku 'anak' Stabat. Padahal, Secanggang, Hinai, Tanjungpura merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Langkat, terpisah dengan Stabat. Penyebutan nama Secanggang, Hinai dan Secanggang ditulisan ini merupakan sebuah sample dari 23 kecamatan yang ada di Langkat.

Pengalaman pribadi itu pula-lah yang mendasari penulis untuk tidak ragu-ragu mencantumkan tajuk Anak Stabat Online dalam posting ini. Bagi yang berpikiran murni dan ingin menjalin silaturrahmi, tak ada salahnya menjadikan posting ini sebagai salah satu media merajut silaturrahmi, menambah wawasan dan pengetahuan..Salam Anak Stabat, Anak Langkat...

Comments :

0 komentar to “Sekapur Sirih Anak Stabat Online”

Posting Komentar

Graha Peta Dunia

 

Copyright © 2009 by Anak Stabat Online

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger